July 12, 2013

Laskar 4 MPKMB 48

We Love Laskar 4 MPKMB 48
Setiap kali kita menjadi anggota baru dari suatu lembaga akademik pasti ada yang namanya 'perkenalan', baik di SMP maupun di SMA. Nah, begitupun di perkuliahan. Dulu waktu di SMP atau SMA, namanya MOS (Masa Orientasi Sekolah), jenis perkenalan ini beragam dan mengharuskan kita memakai atribut ini dan itu, harus mengerjakan penugasan ini dan itu lalu mengikuti aturan ini dan itu yang diberikan oleh kakak kelas. Dan ternyata di kampus pun hampir tidak jauh berbeda. Dan bedanya mungkin sedikit lebih keren karena kita hampir menyandang nama mahasiswa. Masa pengenalan di kampus namanya Ospek (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus). Dulu sempat ngeri juga lihat berita-berita di Televisi tentang Ospek yang melibatkan kekerasan fisik atau perpeloncoan oleh kakak-kakak angkatan. 

Pengenalan kampus di kampus IPB beda banget dari yang di televisi itu! Ya, tidak ada perpeloncoan yang melebihi batas dan tidak ada kekerasan fisik. Acara perkenalan di Kampus IPB ini memiliki nama yaitu MPKMB yang merupakan singkatan dari Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru. Tahun 2011 merupakan tahunnya Angkatan 48, jadi namanya MPKMB 48. MPKMB 48 ini memiliki nama generasi Sahabat Tani dan jargonnya: "Mari bersahabat, cintai kampus kita, bangun pertanian Indonesia! Huh Hah!"



Informasi tentang MPKMB ini sudah diberitakan jauh-jauh hari seperti halnya ketika penerimaan di Kampus IPB. Persiapan atribut pun sudah Asya siapkan jauh hari sebelum acara MPKMB. Dan akhirnya pengumuman 'Laskar Tani' pun diumumkan di tengah-tengah matrikulasi. Asya masuk Laskar Tani 4! Bapak Suswono nama kelompoknya. Adalah Menteri Pertanian Indonesia yang menjabat sampai sekarang ini.
Daftar Nama Putri Laskar 4 (1) 
Daftar Nama Putri Laskar 4 (2)
Gathering 1 pun datang juga. Sore itu ngumpul di depan gym, perkenalan kakak PJLT (Penanggung Jawab Laskar Tani), Medis, dan KPK. PJLT 4 yaitu Kak Dian (Kim 47), Kak Ziah (Mat 47), Kak Andri (Ilkom 47), dan Kak Ghulampitt (ITK 47). Kakak medisnya yaitu Kak Isnaini (ITP 47). Kakak KPK nya yaitu Kak Silvia (IE 47), dan Kak Sandi (Ilkom 47). Selanjutnya, pengenalan SOP, buku tugas, dan penugasan lainnya. 
Foto bareng lorong 4 (sebelum gathering)


Gathering kedua di belakang lapangan rektorat. Gathering kedua ini nambah anggota loh! Yaitu teman-teman dari SNMPTN Tulis dan selanjutnya pembagian Sahabat Tani. Asya mendapatkan dua sahabat, yaitu Muti (SKPM 48) dan Vio (MSP 48). 
Foto Bareng Sahabat Tani - Vio dan Muti
Laskar Tani 4 itu termasuk ke dalam Gugus 1. Gugus Biru! FPIK #Yeah. Dan gak cuma itu saja, kita pun harus memeriahkan MPKMB ini dengan berbagai macam jargon dan yel-yel. Ada banyak banget jargon dan yel-yel di MPKMB ini. Karena gak cepat hafal, akhirnya Asya foto beberapa ya hitung-hitung sebagai dokumentasi :3

Yel-yel Garda 1
Yel-yel Laskar 4
Selain gathering, kami pun mengadakan gathering sendiri. (Masih) inget banget, buka puasa pertama tahun 2011 itu bareng Laskar Tani 4. Waktu itu beres UAS dan hampir sebagian besar telah pulang karena ingin munggahan di rumah. Alhasil Laskar Tani 4 hanya sebanyak foto dibawah ini. Agenda acara gathering itu yaitu pembuatan buku tugas dan benar-benar bagi tugas. Ada yang menggambar, mengukur, gunting, lem, dan pokoknya asik banget! 
Buat buku tugas bareng
Gathering ketiga itu ada acara di Masjid Al-Hurriyah. Lalu sempat juga buka bersama full team Laskar Tani 4. Waktu itu kami buka bersama di Koridor Tanah. (Masih) inget banget, ikut angkut-angkut makanan dari Bara ke Kortan dibantu beberapa anak laki-laki laskar, perempuannya cuma Asya dan Dewi kalo gak salah :\ Ah iya, ibu tani laskar 4 itu Dewi dan bapak tani nya nya Faisal. 
Buka puasa bareng Laskar 4
Foto bareng laskar 4
THE DAY! Akhirnya MPKMB hari pertama, kedua, dan ketiga! Karena gak boleh bawa handphone, akhirnya foto di lorong bareng anak lorong deh :3 MPKMB hari pertama, kedua, dan ketiga dilaksanakan di Graha Widya Wisuda (GWW) dan acara MPKMB ini dilaksanakan semuanya ketika bulan puasa. Rangkaian acaranya? Ada banyak banget! Materi dari Bapak Herry, Bapak Suswono (ada bapaknya! ini nama laskar 4!), Bapak Hasyim, dan Bapak Anton. Ada pengenalan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), hiburan dan tak lupa evaluasi dari KPK di setiap akhir acara.
Foto Bareng Lorong 4
Dan memang, entah kenapa, Asya selalu berkaitan dengan nomor 4. Lorong 4 lalu Laskar 4 #okeskip. Ada banyak banget cerita di Laskar 4 ini. Mulai dari buka bersama di kantin Sakura, jarkom Laskar 4 yang tinggal di Gedung A1, cari souvenir buat kakak PJLT, Medis, dan KPK, hias souvenir sampe malem di Loby A4, dan banyak banget!
Foto bareng di A4
Miss this moment so much! Gak nyangka sudah dua tahun berlalu, rasanya baru kemarin jadi mahasiswa baru dan menjadi bagian dari Laskar 4 :') Mungkin ceritanya agak random karena alur ceritanya lupa-lupa ingat dan foto dokumentasi MPKMB 48 pun belum Asya dapatkan :\ Tapi intinya, Asya bangga jadi bagian dari Laskar 4 dan senang syekali mengikuti acara MPKMB 48! Terima kasih Laskar Tani 4 dan terima kasih untuk kakak-kakak panitia MPKMB 48 :3

NB: Tulisan ini disertakan pada #6MingguBerceritaIPB dalam rangka menyambut generasi emas IPB angkatan 50

1 comment:

  1. TEGA SEKALI TEGA SEKALI, APALAH DAYA KAMI ANAK 58 HANYA VIRTUAL!!!😭😭😭😭

    ReplyDelete