May 26, 2013

Grand Opening Bedah Desa

Bedah Desa merupakan salah satu kegiatan I-SHARE 2013 berupa pembinaan desa secara berkala selama + 4 bulan. Kegiatan Bedah Desa mengadopsi Program Hibah Bina Desa DIKTI. Kelompok yang memenangkan 'tender' Bedah Desa akan mendapatkan dana bina desa sebesar Rp. 3.000.000. Yap begitulah definisinya~ 
Cerita ini berawal dari mencari jalan lain karena tidak diterima di departemen SOSMAS BEM FPIK. Ah, pengabdian masyrakat bisa dimana saja bukan? Dan akhirnya coba bergabung dengan I-SHARE lalu milih pengabdian masyarakat. Cerita lengkapnya bisa dilihat disini ya. Singkat cerita, setelah survey, upgrading dan sebagainya akhirnya dilakukan penyusunan pembuatan proposal Bedah Desa. Proposal ini dibuat sebagian besar oleh @adhietyogi, thanks dit! Dan anggota lainnya fokus kepada teknis open tendernya. Open tender dilakukan selama tiga minggu dan alhamdulillah sebanyak lebih dari satu proposal masuk xD Yap, meski mungkin agak mendadak tapi cukup banyak yang mau ikut berpartisipasi dalam kegiatan Bedah Desa ini. Iyalah, gimana gak mau dapat dana Rp 3.000.000 dan program kerja yang dilakukan pasti sesuai dengan RKAT yang masing-masing organisasinya buat xD Kalo menurut Asya, kegiatan ini mutualisme dan (mencoba) terkoordinir. Oke, setelah itu, proposal yang masuk dinilai oleh Pak Iyan, Ibu Min, dan Pak Agus yang telah berpengalaman dalam bidang pengabdian masyarakat. Dan jreng...jreng...jreng... 4 proposal terbaik yang akan didanai oleh I-SHARE adalah:


Pengumuman
Setelah pengumuman tersebut, dilakukan Grand Opening Bedah Desa I-SHARE di Ruang Sidang SC KM IPB. Korlap acara grand opening ini yaitu Akbar. Duta Bedah Desa ini mempresentasikan proposalnya di depan Ibu Min dan Pak Iyan serta Duta Bedah Desa lainnya. Pak Iyan dan Bu Min memberikan beberapa komentar, kritik, dan saran untuk keberlangsungan kegiatan ini. 
Keluarga Besar I-SHARE 2013
Setelah semua Duta Bedah Desa mempresentasikan proposalnya, mereka bersiap turun ke desa dan menyosialisasikan kegiatan ini kepada warga setempat. Kegiatan Bedah Desa berlangsung selama 15 minggu, terhitung bulan Mei sampai September 2013. 

No comments:

Post a Comment